BACA INI!!! Inilah Keutamaan Ziarah Kubur Dan Beberapa Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Ketika Berziarah Kubur

BERITA TERAKTUAL - Pada awal perkembangan Islam, ziarah kubur sempat dilarang. Namun, setelah keimanan kaum Muslimin semakin kuat, ziarah dianjurkan. Rasulullah Saw. dalam sabdanya menjelaskan, "Dulu aku pernah melarang kalian untuk berziarah kubur. Namun sekarang ketahuilah, hendaknya kalian berziarah kubur. Karena, ia dapat melembutkan hati, membuat air mata berlinang, dan mengingatkan kalian akan akhirat. Namun, jangan kalian mengatakan perkataan yang tidak layak (qaulul hujr), ketika berziarah" (HR Hakim).


Rasulullah Saw. pernah berziarah kemakam ibunya dan beliau menangis. Begitu pula orang-orang yang berada disekitarnya ikut menangis. Kemudian, beliau berkata, "Aku meminta izin kepada Tuhanku supaya aku bisa memintakan ampunan untuknya. Namun, aku tidak diizinkan oleh-Nya. Terus aku meminta izin kepada-Nya supaya aku bisa menziarahinya. Kemudian, Dia mengizinkan aku untuk menziarahi ibuku. Berziarahlah ke makam-makam karena berziarah itu dapat mengingatkan mati."

Al-Munawi dalam Faidhul Qadir menerangkan tentang keutamaan ziarah, tidak ada obat yang paling bermanfaat bagi hati yang kelam selain berziarah kubur. Dengan berziarah kubur, lalu mengingat kematian, akan menghalangi seseorang dari maksiat, melembutkan hatinya yang kelam, mengusir kesenangan terhadap dunia, membuat musibah yang kita alami terasa ringan. Ziarah kubur itu sangat dahsyat pengarunhya untuk mencegah hitamnya hati dan mengubur sebab-sebab datangnya dosa. Tidak ada amalan yang sedahsyat ini pengaruhnya.
Bagi Muslimah yang umumnya memiliki hati yang halus dan mudah tersentuh, jika ziarah kubur berpotensi menimbulkan kesedihan yang mendalam, ruangan, dan ratapan bahkan hingga membuatnya putus asa karena ditinggal orang yang dicintainya, sebaiknya dihindari. Namun, diperbolehkan jika hatinya kuat serta untuk mendoakan simayit dan memberi nasehat kepada diri sendiri untuk mengingat mati sehingga dia semakin tekun beribadah mendekatkan diri kepada Allah. 

Sumber  :  195 pesan cinta Rasulullah oleh Abdillah F.Hasan 

Subscribe to receive free email updates: